Searching...
Selasa, 08 April 2014
04.47

Apa itu ISO? Pengaruh nya Apa?



Oke, Untuk kali ini saya akan jelaskan konsep dari ISO pada Kamera, ISO merupakan ukuran sensitifitas kamera terhadap cahaya. Semakin tinggi ISO maka akan semakin tinggi sensitifitas kamera terhadap cahaya. Artinya semakin tinggi ISO yang kita gunakan akan semakin tinggi pula tingkat cahaya yang masuk ke lensa.
Namun ukuran ISO sebenarnya tidak menjadi acuan Foto yang kita ambil akan baik, ISO yang tinggi juga mempunyai kekurangan seperti gambar yang di ambil akan noise, warna yang di hasilkan pada gambar kurang keluar, kualitas foto menjadi berkurang, dan foto yang kita ambil jadi kurang detail atau kurang tajam.
ISO pada kamera biasanya tidak selalu sama, ada kamera yang memiliki ISO sampai 6400, 12800, bahkan lebih tinggi lagi. ISO tinggi biasanya digunakan dalam ke adaan cahaya yang sedikit redup atau tempat dengan pencahayaan minim, misalnya pada memotret di malam hari atau di dalam ruangan (Indoor).
Dalam dunia Fotografi pada umum nya banyak yang menganjurkan kita menggunakan ISO sekecil mungkin untuk menghindari Noise dan mendapatkan foto yang lebih tajam, apalagi jika foto yang kita ambil akan di print dengan ukuran gambar yang besar, tapi ada beberapa cara yang mungkin bisa mengurangi noise pada gambar namun tidak dengan ukuran ISO maksimal yang kita pakai, mungkin mode format gambar RAW akan sedikit membantu walau tetap tidak menjamin foto dengan ISO tinggi akan tampak bagus.
Mungkin lebih baik kita memahami fungsi shutter speed dan juga aperture, agar bisa melakukan kombinasi yang tepat dan memilih model cahaya yang di inginka. Semoga posting ini bisa membantu kawan-kawan.
ISO pada Kamera


Bahan perbandingan Contoh Foto dengan ISO yang berbeda
 Baca juga artikel tentang Foto tetap tajam walau minim cahaya

0 komentar:

Posting Komentar

Sama-sama berkomentar, sama-sama belajar, jadi silahkan bertanya ataupun memberi masukan dengan cara yang baik, bukan menjelek-jelekan. Terimakasih atas kunjungan nya.

 
Back to top!